Water Injection (Wa-i) bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi, yaitu akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena bercampur dengan kabut air, hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin beroktan tinggi sekitar angka oktan 113. Temperatur udara di dalam intake dan ruang bakar (Commbustion Chamber) yang tinggi dapat menyebabkan miskinnya kandungan udara(Oksigen) yang terdapat didalamnya sehingga dapat menyebabkan campuran yang miskin, detonasi/Engine Knock atau pinging akan terjadi karena campuran udara dan BBM terbakar secara premature atau terbakar tidak tepat dan sempurna. Namun kelemahan sistem ini adalah Water Injection hanya bekerja sempurna pada putaran mesin RPM tinggi atau pada saat karburator sudah terbuka penuh, apabila di putaran bawah atau putaran mesin rendah maka dapat di rasakan ada gejala berebet atau tersendat dan mesin terasa tertahan.
Air Injection
Apakah Air Injection ? Air Injection memiliki prinsip yang sama dengan system water Injection, hanya pada Air Injection yang di masukan ke dalam ruang bakar adalah Udara, Teorinya adalah mengkoreksi Air Fuel Ratio (AFR) atau rasio perbandingan antara udara dan bahan bakar di putaran bawah pada saat kondisi karburator belum terbuka penuh agar tetap sempurna pada perbandingan 13,5:1 dengan begitu maka campuran udara dan bahan bakar menjadi tetap sempurna sehingga proses pembakaran akan semakin baik serta menambah tenaga mesin dan bahan bakar makin irit karena settingan bahan bakar bisa kita buat lebih LEAN, namun kelemahan system ini adalah Air Injection cenderung hanya efektif di putaran mesin rendah atau pada saat karburator belum terbuka penuh, serta karena campuran udara cenderung dalam kondisi lebih banyak dibanding bahan bakar maka resiko gejala mesin terlalu panas (Over Heat) dapat terjadi.
WrAin S1-NV (Stage – 1 Non Pumped Version)
Lalu apa WrAin ??? Ini adalah sebuah system baru dengan memanfaatkan kedua metode diatas, diharapkan didapat hasil yang lebih maksimal, metode ini menggabungan dua metode sebelumnya yang merupakan penyempurnaan dari masing – masing metode sehingga dapat meminimalkan kekurangan masing – masing metode tersebut. Secara teori gabungan antara campuran air dan udara akan menghasilkan pengabutan yang lebih padat dan akan semakin menyempurnakan pembakaran di Combustion Chamber (Ruang bakar). Mengapa WrAin ? apa yang terjadi pada penggunaan Water Injection adalah terjadinya pemampatan ruang bakar yang lebih padat dari pada normalnya sehingga ruang bakar padat oleh uap air dan bahan bakar namun ini menyebabkan miskinnya kandungan udara di ruang bakar akibat jatah udara yang seharusnya diisi oleh udara yang disuply oleh karburator telah terisi oleh uap air, maka air injection disini bertugas untuk menyuplai udara yang lebih ke ruang bakar sehingga didapatkan rasio yang tetap tepat pada ruang bakar.
yang saya rasakan setelah mengaplikasikan WRAIN system dan tabung YEIS pada tvs apache
adalah akselerasi yang lebih responsif, suhu mesin yang sedikit menurun, konsumsi bahan bakar lebih irit. namun disamping itu semua yang pasti adalah tidak sungkan lagi klo maen2 di 11000 rpm
berikut sedikit penampakan pengaplikasian wrain pada tvs apache tunggangan saya
modifikasi pada intake manifold untuk mendapatkan hasil maksimal pada penggunaan wrain
tabung YEIS
AIR INJECTOR
skema instalasi WRAIN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar